IF Festival 2016

By | November 21, 2016

Badan Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika kembali mengadakan IF Festival dengan tema “Colouring Your Future With Technology” pada hari Minggu tanggal 13 November lalu di Grand Atyasa. Acara ini diadakan dalam rangka merayakan ulang tahun HMIF yang ke-8. IF Festival pada tahun ini terbilang istimewa karena turut mengundang alumni-alumni dari jurusan Teknik Informatika Universitas Sriwijaya.

 

Acara ini dibagi atas dua sesi, yakni sesi formal dan informal. Pada sesi formal, acara dibuka dengan kata sambutan dari ketua pelaksana, bupati HMIF dan Ketua Jurusan Teknik Informatika Universitas Sriwijaya yang diwakilkan oleh Sekretaris Jurusan, Ibu Anggina Primanita, M.IT yang merupakan alumni salah satu alumni dari IF Bilingual 2006. Dalam sambutannya, Ibu Anggina menyataan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya IF Festival. Beliau juga mengharapkan bahwa acara seperti ini dapat mempererat tali persaudaraan baik antar mahasiswa, alumni maupun jurusan. Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan dengan peresmian Ikatan Alumni Teknik Informatika dengan pemotongan pita oleh perwakilan alumni yakni Pak Ahmad Farisi, S.Kom dan perwakilan jurusan yakni Ibu Anggina Primanita, M.IT. Setelah pemotongan pita, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ibu Anggina dan Bupati HMIF sebagai simbol perayaan ulang tahun HMIF.

 

Selepas acara formal, dibuka acara informal yang diisi dengan hiburan dari band, peserta lomba IF Festival dan juga bincang-bincang dengan alumni. Di sela-sela waktu istirahat hiburan, MC mengenalkan setiap alumni yang hadir pada acara. Tiap alumni yang hadir akan memperkenalkan nama dan juga angkatan. Sesi perkenalan ini dimaksudkan agar alumni dan peserta yang lain ꟷ dalam hal ini mahasiswa ꟷ menjadi lebih dekat dan tidak canggung satu sama lain.

 

Setelah sesi perkenalan usai, MC melanjutkan dengan sesi “Bincang dengan Alumni”. Pembicara dalam sesi ini adalah Ahmad Farisi dan Fajar Aditya C. Pada sesi ini, kedua pembicara melakukan sharing dengan peserta yang hadir. Pembicara menceritakan awal mula kenapa memilih jurusan Teknik Informatika. Lalu suka dan duka yang dihadapi pada saat kuliah serta hal-hal mengenai skripsi. Tak hanya seputar kuliah, pembicara juga membagikan sedikit tips dan trik pada mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dunia kerja. Sesi “Bincang dengan Alumni” ini ditutup dengan harapan dari kedua pembicara untuk jurusan Teknik Informatika Universitas Sriwijaya.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi pengumuman lomba yang diadakan pada IF Festival 2016. Namun, sebelum diumumkan, terlebih dahulu panitia menampilkan karya-karya dari peserta lomba. Adapun lomba yang ditampilkan karyanya adalah Meme Creator, Sing Cover, dan Doodle Art. Sementara, lomba Blogging tidak ditampilkan, karena mengingat waktu dan hasil karya lombanya yang berupa artikel.

 

Setelah rangkaian acara selesai, IF Festival pun ditutup dengan doa dan juga jargon untuk ulang tahun HMIF yang kedelapan. Semoga tahun selanjutnya HMIF bisa menjadi lebih baik lagi.